Tuesday, July 18, 2017

12 Jembatan Terpanjang di Dunia Ini Akan Membuatmu Terpukau

Meningkatnya kegiatan ekonomi dan kebutuhan akan perhubungan antar wilayah mendorong aneka macam negara membangun jembatan sebagai sarana atau jalur penghubung darat. Beberapa negara bahkan berhasil membuat jembatan terpanjang di dunia. Berikut 12 di antaranya:


1. Danyang - Kunshan Grand Bridge


Rekor jembatan terpanjang di dunia dipegang oleh jembatan Danyang - Kunshan Grand Bridge. Jembatan sepanjang 164.800 meter ini terdapat di negeri panda, China. Jembatan ini berfungsi sebagai rel kereta kecepatan tinggi Beijing - Shanghai. Jembatan yang pembangunannya rampung pada tahun 2010 ini memegang rekor sebagai jembatan terpanjang Guinness semenjak tahun 2011 hingga kini.


2. Tinjin Grand Bridge


Masih di negara China, jembatan terpanjang kedua di dunia yaitu Tinjin Grand Bridge dengan panjang 113.700 meter. Kegunaannya sama ibarat Danyang - Kunshan Grand Bridge, yaitu sebagai rel kereta kecepatan tinggi Beijing - Shanghai. Jembatan yang pembangunannya juga final pada tahun 2010 ini memegang rekor sebagai jembatan terpanjang kedua Guinness dari tahun 2011 hingga sekarang.


3. Weinan - Weihe Grand Bridge


Weinan - Weihe Grand Bridge juga terdapat di negara China. Panjang jembatan ini 79.732 meter dan difungsikan sebagai rel kereta kecepatan tinggi Zhengzhou – Xi’an. Pengerjaannya final pada tahun 2008.


4. Bang Na Expressway


Bang Na Expressway, jembatan total jalurnya 54.000 meter ini terletak di negara Thailand. Berbeda dengan jembatan terpanjang lainnya, jembatan yang mulai beroperasi tahun 2000 ini berfungsi sebagai jalan raya. Jembatan ini juga memegang rekor sebagai jembatan jalan raya terpanjang di dunia dalam Guinness semenjak tahun 2000.


5. Beijing Grand Bridge


Jembatan terpanjang berikutnya, Beijing Grand Bridge China. Jembatan yang panjangnya 48.153 meter ini juga merupakan rel kereta kecepatan tinggi Beijing - Shanghai. Pembangunannya rampung pada tahun 2010.


6. Lake Pontchartrain Causeway


Jembatan Lake Pontchartrain Causeway terdapat di Amerika Serikat. Sama ibarat Bang Na Expressway, jembatan ini juga difungsikan sebagai jalan raya. Pembuatan jembatan sepanjang 38.442 meter ini final pada tahun 1969 dan sempat memegang rekor Guinness sebagai jembatan terpanjang di atas air pada tahun 1969.


7. Manchac Swamp Bridge


Jembatan Manchac Swamp Bridge ini terletak di Amerika Serikat. Jembatan yang terbentang sejauh 36.710 meter ini pun difungsikan sebagai jalan raya. Jembatan ini mulai beroperasi tahun 1970.


8. Yangcun Bridge


Jembatan Yangcun Bridge juga terdapat di negara China. Digunakan sebagai rel kereta kecepatan tinggi Beijing - Tianjin. Panjang jembatan yang final pada 2007 ini mencapai 35.812 meter.


9. Hangzhou Bay Bridge


China menjadi negara yang paling banyak membangun jembatan terpanjang. Hangzhou Bay Bridge salah satunya, juga milik China. Jembatan sepanjang 35.673 meter ini difungsikan sebagai jalan raya semenjak rampungnya pada tahun 2007.


10. Runyang Bridge


Jembatan sepanjang 35.660 meter, Runyang Bridge juga terletak di China. Pengerjaan jembatan yang digunakan sebagai jalan raya ini final pada 2005.


11. Donghai Bridge


Jembatan Donghai Bridge terbentang di atas laut terpanjang di dunia, dari Shanghai China hingga pelabuhan Yangshan. Total panjang jembatan ini yaitu 32.500 meter.


12. Shanghai Maglev Train


Jembatan Shanghai Maglev Train memiliki jalur sepanjang 30.000. Digunakan sebagai jalur untuk memindahkan para penumpang angkutan umum dari Pudong International Airport menuju ke wilayah kota Shanghai. Simak juga Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan Aman Sejahtera

Baca juga:

12 Jembatan Terpanjang di Dunia Ini Akan Membuatmu Terpukau Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonymous