Tuesday, July 18, 2017

Ayah ku Bekerja Setiap Hari Betapa Lurus nya Engkau Nak

Uniquee lovers, masih ada sejumlah orang yang tidak dapat mendapatkan pekerjaan ayahnya walaupun pekerjaan itu halal. Alasannya, ah itu pekerjaan ayahku bikin gengsi, memalukan, gaji nya rendah, beliau cuma sopir, kenek, pemulung, honorer, pedagang, petani, dsb.

Mungkin anda tidak cukup lantang menjawab, ketika seseorang menanyakan status pekerjaan ayah anda. Dengan bunyi lirih dan rendah anda akan bilang ayahku CUMA seorang •●●●

Lantas bagaimana dengan dongeng yang akan admin sampaikan berikut ini? Semoga anda lebih bersyukur dan lebih berbangga dengan status ayah anda.

Cerita ini admin dapatkan ketika seorang anak tetangga sedang bermain bersama anak saya dirumah. Sebut saja namanya Ajit, beliau tinggal disini bersama ayahnya. Selain itu beliau juga sekolah disekitar daerah admin tinggal. Ajit gres naik kelas 3 Sd

AYAH KU BEKERJA SETIAP HARI
Ilustrasi : pixabay

Aku : Ajit adiknya mana, kok nggak dateng

Ajit : adik di daerah mama diluar kota, beliau belum kesini

Aku : trus kenapa ajit gak pergi main ke daerah mama aja?

Ajit : nggak mau ah,  Mama pelit, jajan cuma dikasih seribu, padahal beliau kan kaya.

Aku : memangnya mama ajit punya perjuangan apa sampe adit bilang mama kaya tapi pelit.

Ajit : Mama jualan umang-umang( sejenis siput yang berkaki , biasanya cangkangnya diwarnai)

[Dalam hati gue berkata, pekerjaan ibarat itu kan memang tidak banyak menghasilkan uang, wajar jikalau cuma dikasi jajan seribu]

Aku : ya gak papa jit, tante aja dulu kadang gak ada jajan, makan cuma nasi campur taburan gula. Itu namanya bukan kaya bukan pelit, gak boleh gitu.

Kok mama gak tinggal disini aja bareng papa, ajit sama adik?

Ajit :  Mama aib kata nya

Aku : [ dalam hati gue berkata,  lha kok aib tinggal bareng anak dan suami]
 O gitunya, memang disini papa ajit kerja apa?

Ajit : BERJUD*. Ayah ajit bekerja nya setiap hari nte, dan selalu menang, kadang dapat 100.000 ( Dengan besar hati adit menyebutkannya)

Aku : Maksud ajit pekerjaan ayah ajit BERJUD* ?

Ajit : iya nte ayah ajit bekerja setiap hari, kerja nya BERJUD* 

Dalam hati gue berkata ya allah, anak ini, pekerjaan ayahnya yang haram saja mampu membuatnya besar hati setengah mati, bagaimana kami yang memiliki ayah dengan pekerjaan yang halal. 

Sudahkah kami bersyukur?

Uniquee lovers, percakapan ini memang sungguh miris, namun bekerjsama banyak kebaikan yang dapat dipetik. Bukan hanya problem menghargai pekerjaan orang bau tanah kita. Namun, bagaimana kita yang sudah menjadi orang bau tanah atau yang akan menjadi orang tua, memperlihatkan tauladan yang baik bagi anak. Memberikan pekerjaan yang halal yang patut mereka banggakan.

Dari kisah ajit, mungkin hari ini beliau berbangga, alasannya ialah beliau belum mengerti akan arti pekerjaan halal, bagaimana nanti kelak ketika beliau sudah mengerti, apakah beliau masih akan sebangga itu?

Ayah ku Bekerja Setiap Hari Betapa Lurus nya Engkau Nak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonymous