Monday, July 24, 2017

Tips Cara Merawat Kucing Ras yang Baik dan Benar


Cara Merawat Kucing Persia dan Anggora - Hewan peliharaan merupakan hewan yang sengaja dipelihara. Banyak orang yang mempunyai hewan peliharaan dengan alasan sebagai penyaluran hobi, melatih seseorang bertanggung jawag, ataukah sebagai peluang perjuangan dengan menjual belikan hewan peliharaannya. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memelihara hewan peliharaan. Kita harus mengetahui tips memelihara hewan yang ingin dipelihara. Nah, buat kau yang ingin memelihara kucing ras ada baiknya terlebih dahulu membaca tips dibawah ini.


1. Biaya 

Biaya merupakan poin terpenting yang harus dipertimbangkan sebelum memelihara kucing ras. Kita harus dapat memperkirakan biaya yang harus dikeluarkan tiap bulannya untuk keperluan makan, minum, perawatan, dan lain-lain. Mengingat kucing bukan benda mati tetapi makhluk hidup yang butuh asupan makanan dan minuman.


2. Nama 

Segera tentukan nama yang lucu untuk kucing ras anda. Hal ini bertujuan untuk memudahkan anda memanggilnya dan kucing anda pun akan terbiasa mengenali namanya. Nama sangat penting sebab jikalau bepergian jauh akan memudahkan anda untuk menitipkan kucing ke petshop dan pada ketika akan melaksanakan vaksinasi.


3. Kasih sayang 

Memelihara kucing ras bukan hanya sekedar memberi makan dan minum tetapi kita juga harus menawarkan perhatian yang lebih. Kucing ras sangat senang bermanja-manja. Membelai dan menyisir bulunya merupakan salah satu perawatan yang harus dilakukan. Jangan hingga sebab terlalu sibuk, anda hanya mengurungnya saja selama seharian penuh. Kucing jenis ini bukan satwa yang ada di kebun binatang. Jadi, membiarkan kucing ini bermain di area rumah yaitu hal yang sempurna dilakukan. Tapi jangan lupa untuk menutup pintu rumah atau kucing kesayangan anda akan kabur.


4. Makanan dan minuman 

Ketika kucing ras berumur 2 bulan atau setelah berhenti menyusui dari induknya. Kucing jenis ini biasanya sudah mampu untuk makan. Pastikan anda memberi makanan yang cocok untuk usia kucing dan tentunya yang sesuai dengan kantong anda.

Baca juga: Jenis-jenis Makanan Untuk Kucing Ras

Setelah kucing berumur satu tahun, berikan makanan yang khusus untuk kucing dewasa. Pasta dapat diberikan ketika kucing anda sakit atau dapat disajikan sebagai makanan selingan ketika nafsu makan kucing anda berkurang. Sedangkan untuk minumnya cukup dengan menawarkan air bersih yang matang selama 24 jam. Kucing ini tidak boleh terlambat minum sebab jikalau itu terjadi maka akan mengganggu metabolisme tubuh kucing.


5. Grooming/Dandanan 

Jagalah kebersihan kucing ras dengan memandikannya setidaknya 2 ahad sekali. Pastikan kucing anda dalam keadaan sehat dan sedang tidak akan atau setelah vaksinasi. Cuaca cerah dipagi atau siang hari merupakan waktu yang sempurna untuk memandikan kucing jenis ini. Ketika memandikan kucing anda, pastikan shampoo yang digunakan sesuai dengan kebutuhannya. Jika kucing anda tidak memerlukan perawatan khusus maka pakailah shampoo conditioner khusus untuk kucing, tetapi jikalau kucing anda berkutu atau berjamur maka gunakanlah shampoo khusus kutu atau jamur.
Baca juga: Jenis-jenis Kucing Persia yang Populer di Indonesia
Jika warna bulu kucing anda berwarna putih maka gunakanlah shampo khusus semoga bulu kucing anda tetap berwarna putih. Dalam mengeringkan kucing setelah mandi, gunakanlah handuk yang dapat menyerap air pada bulunya. Untuk di rumah dapat menggunakan hair dryer. Setelah bulu kucing anda kering sisirlah serapi mungkin.


6. Perawatan Bulu 

Perawatan kucing ras dengan perawatan kucing kampung berbeda. Letak perbedaannya yaitu terdapat pada perawatan bulu kucing ras. Hampir setiap hari bulu kucing ras ada yang rontok, olehnya itu untuk mempermudah pelepasan bulu yang sudah rontok, maka yang harus dilakukan dengan menyisir bulu kucing paling tidak 1 kali dalam sehari. Sisir yang digunakan yaitu sisir yang khusus untuk kucing.


7. Kotak Pasir 

Sediakan kotak pasir yang ukurannya tidak terlalu sempit untuk tubuh kucing anda. Sediakan pula sekop untuk membuang kotoran kucing. Terdapat dua jenis pasir yang dapat digunakan. Pertama, pasir yang dapat dicuci. Pasir jenis ini terbuat dari kerikil dan harganya relatif murah. Kedua, pasir yang tidak dapat dicuci. Pasir jenis ini lebih praktis dan biasanya mempunyai aroma khusus ibarat bunga dan buah. Harga pasir jenis ini relatif lebih mahal dari pasir yang dapat dicuci.


8. Vaksinasi dan obat kucing 
  • Pemberian imunisasi dapat dilakukan jikalau kucing ras berumur 2 bulan. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mencegah kucing ini terinfeksi virus yang akan membahayakan kesehatannya. Pemberian vaksin dilakukan sesuai dengan jadwalnya. Dalam hal ini bertanyalah ke dokter hewan anda. 
  • Pemberian obat cacing dapat dilakukan 2 bulan sekali. Dosis obat yang diberikan tergantung dari berat tubuh kucing. Untuk memudahkan dalam menawarkan obat cacing, campurlah obat cacing ini kedalam makanan basahnya (pasta), atau mampu pribadi diminumkan dengan sedikit paksaan. 

9. Vitamin 

Pemberian vitamin pada kucing ras perlu dilakukan. Hal ini bertujuan untuk menjaga daya tubuhnya. Vitaminnya dapat berbentuk cair, soft capsule, pasta ataupun tablet.
Lihat juga: Macam-macam Kucing Anggora

10. Mainan

Kucing ras sangat suka bermain-main, olehnya itu sediakanlah mainan yang aman di rumah anda. Mainan dapat berupa bola, tikus-tikusan dan lain-lain.

Setelah anda membaca tips diatas. Apakah anda ingin menyebabkan kucing ras sebagai hewan kesayangan anda di rumah ?

Tips Cara Merawat Kucing Ras yang Baik dan Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown