Sunday, July 9, 2017

Begini Cara Memandikan Kucing Kesayangan Anda


Cara Memandikan Kucing - Salah satu yang harus dilakukan dalam memelihara kucing ialah memandikannya. Mengapa harus dimandikan ? padahal kucingkan sedikit anti dengan air ? Upps… jangan salah kucing walaupun tidak suka dengan air tapi tetap harus dimandikan. Hal ini dilakukan untuk membersihkan bulu–bulu kucing hingga kucing pun kelihatan bersih dan enak dipandang mata. Tapi memandikan kucing bukan suatu perkara yang gampang untuk dilakukan. Apalagi kalau anda gres memelihara kucing. Kucing mampu stres atau anda sendiri yang akan terkena cakar kalau tidak melakukannya dengan benar. Untuk menghindari kejadian tersebut ada baiknya anda membaca cara memandikan kucing, berikut penjelasannya.

Persiapan sebelum kucing dimandikan

 

Sebelum memandikan kucing ada beberapa hal yang perlu disiapkan, diantaranya sebagai berikut :

1. Memotong Kuku Kucing

Memotong kuku kucing penting dilakukan. Biasanya kucing kalau dimandikan akan sedikit memberontak, kalau kukunya pendek maka luka akhir cakaran kucing mampu sedikit dikurangi. Pemotongan kuku dapat dilakukan beberapa jam sebelum kucing dimandikan.

2. Merapikan Bulu Kucing

Mengapa sebelum mandi bulu kucing perlu dirapikan ?. Cara ini dapat membantu menghilangkan kotoran dengan maksimal dan dapat merapikan bulu kucing yang kusut. Menyikat bulu kucing dalam keadaan kering lebih mudah daripada menyikatnya dalam keadaan basah. Dalam melakukannya hendaknya dengan pelan-pelan sambil mengelus kucing sehingga kucing tidak kesakitan ketika bulunya dirapikan.

3. Memilih Waktu yang Tepat

Pilihlah waktu yang sempurna kalau ingin memandikan kucing. Dalam keadaan tenang, kucing tidak akan menggigit atau mencakar. Biasanya kucing akan damai setelah makan. Bisa juga sebelum mandi kucing diajak berman terlebih dahulu hingga kucing merasa kelelahan.

Persiapan Kamar Mandi

 

1. Menutup Kamar Mandi

Setelah berada didalam kamar mandi, maka anda harus menutup pintu. Gunanya untuk menghindari kucing melarikan diri pada ketika sedang dimandikan. Tempat sampah yang ada di kamar mandi sebaiknya disingkirkan. Biasanya kucing yang lari-lari di kamar mandi akan menuju ke kawasan sampah.

2. Buatlah Bak Mandi yang Aman Untuk Kucing

Untuk membuat kolam mandi aman sebaiknya berilah ganjal berupa handuk atau karpet. Hal dilakukan untuk tidak membuat kolam mandi licin ketika kucing berada didalamnya.

Baca juga: Kucing Anggora dan Harganya

3. Isi Bak Mandi dengan Air Hangat

Sebelum memasukkan kucing ke kamar mandi. Isilah kolam mandi dengan air hangat dan siapkan satu wadah yang berisi pula air hangat untuk membilas tubuh kucing. Jangan memandikan kucing pribadi dengan air kran. Air kran dapat membuat kucing ketakutan.

4. Gunakan Pakaian Pelindung

Untuk menghindari cakaran kucing sebaiknya anda memakai pakaian berlengan panjang atau anda dapat menggunakan sarung tangan.

Proses Memandikan Kucing


Berikut tahapan dalam memandikan kucing:

1. Ajaklah berbicara ketika sedang memandikan kucing. biasanya kucing akan mencoba keluar dari kolam mandi. Jika hal itu terjadi maka kedua kaki belakang kucing harus tetap berada didalam kolam mandi. Apabila mengalami kesulitan sebaiknya anda mencari orang lain untuk membantu anda.

2. Lakukan tahap demi tahap mulai dengan membasahi kaki kucing terlebih dahulu. Kemudian basahi seluruh tubuh kucing. Lakukanlah dengan damai dan lembut.

3. Pakailah shampoo yang khusus untuk kucing. campur shampoo dengan sedikit air pada bab leher, badan, kaki, perut, dan ekor kucing. Mulailah dari leher menuju bab ekor  dengan memijat secara lembut sehingga kucing merasa tenang.

Lihat juga: Jenis-jenis Kucing Persia Yang Paling Banyak di Gemari

4. Hindarilah derma shampoo pada bab kepala kucing. Berilah kapas yang lembut pada pendengaran kucing. hal dilakukan untuk mencegah air masuk kedalam pendengaran kucing. Tapi jangan lupa ya… setelah mandi kapas tersebut dilepas kembali. Jika anda menggunakan shampoo anti kutu, maka basahilah terleih dahulu bab leher kucing. Hal ini bertujuan untuk menghindari kutu-kutu lari kebagian kepala. Biasanya kutu akan mencari bab tubuh kucing yang kering.

5. Bilas tubuh kucing dengan menggunakan air hangat dari kolam mandi. Kemudian kuras kolam mandi dan isi kembali dengan air hangat untuk membilas kembali. Lakukanlah hingga tidak ada lagi shampoo yang menempel pada bulu-bulu kucing.

6. Pada bab wajah kucing, sebaiknya anda cukup melapnya dengan menggunakan kain basah.

7. Perhatikanlah kucing anda. Tanda-tanda kucing sedang panik biasanya akan mengeluarkan bunyi mendesis, mengeram, bersin, dan mengeong. Jika kucing terlalu takut maka hentikanlah acara anda. Ini dapat membuat kucing anda stres atau bahkan dapat membuat kucing anda terluka. Memandikan kucing dapat dilakukan lain waktu.

8. Jika kucing anda betul-betul tidak ingin mandi. Maka cukup melapnya dengan kain basah. Hal ini juga dapat menghilangkan kotoran yang menempel pada bulu kucing.


Begini Cara Memandikan Kucing Kesayangan Anda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonymous