Friday, July 21, 2017

Sebab-sebab Kenapa PKI Dilarang di Indonesia


Kenapa PKI Dilarang - Pernah dengar PKI ?, atau pernah dengar tapi tidak tahu mengapa PKI dilarang berkembang di Indonesia?. Nah, supaya pembaca dapat lebih tahu ihwal PKI berikut penjelasannya.
PKI merupakan partai politik yang ada dizaman orde lama. PKI dilarang keberadaannya alasannya yaitu tidak sesuai dengan Ideologi bangsa Indonesia yaitu Pancasila. Secara garis besar letak perbedaannya yaitu:

1. Sila pertama berbunyi Ketuhanan Yang Maha Esa artinya Indonesia mempercayai dan menyakini eksistensi akan Tuhan. Terdapat enam agama resmi yang di Indonesia yaitu Islam, Kristen Katolik, Kristen Protestan, Hindu, Budha, dan Kong Hu Cu. Masyarakat Indonesia saling menghargai keyakinan satu sama lain tanpa ada diskriminasi dan intervensi dari pihak manapun. Sedangkan Komunis bersifat atheis tidak mengakui akan eksistensi Tuhan. Orang komunis menganggap Allah tidak ada. Agama dianggap sebagai candu yang membatasi ruang gerak masyarakat. Bayangkan saja apa yang terjadi kalau eksistensi Allah tidak diakui. Maka tidak ada hukum yang mengikat atau membatasi dalam hal ini norma agama sehingga seseorang dapat berbuat sesuka hatinya.

2. Di Indonesia Hak Asasi Manusia (HAM) begitu terjaga dan terlindungi tanpa memandang kaum mayoritas, kaum minoritas, agama, suku, dan status sosial. Sedangkan Komunis mengabaikan Hak Asasi Manusia (HAM). Semua harus patuh terhadap keputusan yang telah ditetapkan oleh penguasa negara.

3. Di Indonesia rasa nasionalisme sangat dijunjung tinggi. Sedangkan komunis rasa nasionalis ditolak.

4. Di Indonesia segala bentuk pengambilan keputusan diperoleh melalui musyawarah dan mufakat atau melalui pemungutan bunyi (voting). Sedangkan komunis pengambilan keputusan berada ditangan pimpinan partai komunis yang berkuasa.
 
5. Di Indonesia terdapat banyak partai politik yang bertujuan meningkatkan partisipasi politik anggota dan masyarakat dalam rangka penyelenggaraan acara politik dan pemerintan serta membangun tabiat dan budaya politik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Partai tersebut terbagai menjadi dua ada partai pemerintah yang pro dengan pemerintah dan ada partai opoisi yang kontra dengan pemerintah. Penentuan partai tersebut tergantung dari sikap, alasan, dan pilihan partai. Sedangkan komunis menganut sistem politik satu partai yaitu partai komunis. Tidak ada partai oposisi ibarat yang terdapat di Indonesia. Lihat saja negara komunis ibarat Cina dan Vietnam. Di negara tersebut hanya terdapat satu partai yaitu Partai Komunis Cina dan Partai Komunis Vietnam.
 
6. Di Indonesia semua bebas mengeluarkan pikiran dan pendapat asal dapat dipertanggungjawabkan dan sesuai dengan ketentuan aturan yang berlaku. Sedangkan komunis mangabaikan kebebasan mengeluarkan pendapat. Tidak ada perbedaan pendapat. Semua harus patuh terhadap kepuutusan yang telah diambil oleh pimpinan partai yang berkuasa.

7. Di Indonesia keadilan untuk kepentingan seluruh rakyat, bangsa, dan negara. Sedangkan komunis keadilan hanya untuk kepentingan negara.


Paham komunis menganut prinsip sama rata sama rasa dalam bidang ekonomi. Artinya alat-alat produksi ibarat tanah, tenaga kerja, dan modal merupakan milik bersama yang dikuasai oleh negara dengan tujuan untuk mencapai kemakmuran rakyat secara merata. Paham kumunis memang memprogramkan tercapainya masyarakat makmur secara merata artinya hak dan kewajiban  masyarakat semuanya sama. Sebenarnya tujuan ini mengagumkan tapi apakah hak dan kewajiban seseorang yang bergelar  S1, S2, S3, Prof yang prosesnya butuh usaha harus disamakan dengan orang yang tidak mengecap pendidikan ?. Apakah derma hak dan kewajiban guru dan tukang becak harus disamakan ?. Disinilah letak penyimpangannya. Memakmurkan masyarakat memang harus dilakukan secara merata tetapi harus sesuai dengan porsinya masing-masing.

Nah, semoga goresan pena ini dapat menambah pengetahuan kita ihwal PKI. Sekarang bentuk propaganda mendukung PKI telah bermunculan. Agar tidak mudah terpengaruh seharusnya kita mengetahui mengapa PKI dilarang berkembang di Indonesia. Baca juga artikel mengenai Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan Aman Sentosa

Sebab-sebab Kenapa PKI Dilarang di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonymous