Saturday, July 1, 2017

Inilah 6 Cara Menghilangkan Kutu Kucing dengan Cepat


Cara menghilangkan kutu kucing - Bagi Anda catlover, kutu kucing tentu menjadi problem yang cukup merepotkan. Selain mengganggu kenyamanan kucing Anda, ketika mengusapnya, tampilan bulu kucing pun terlihat kurang menarik dengan koloni kutu di sela-sela bulu kucing.

Belum lagi bila ketika berinteraksi dengan si kucing, kutu yang keluar dari badan kucing tak jarang hinggap ke kulit Anda yang hasilnya malah menggigit kulit Anda.

Namun ada beberapa cara ampuh mengatasi problem kutu pada kucing Anda. Apa saja? Simak tips berikut ini :

1. Shampo Anti Kutu dan Jamur
Shampo anti kutu dan jamur memiliki formulasi khusus untuk membasmi kutu kucing bahkan juga telur-telurnya. Shampo khusus ini bisa Anda dapatkan di petshop.


Cara penggunaannya pun cukup mudah. Setelah membasahi badan kucing dengan air, usapkan shampo ke seluruh tubuhnya, kemudian bilas dengan air.

Ulangi pertolongan shampo sekali lagi, dengan mengusapkan shampo ke bulu-bulu kucing dan diamkan selama 5 menit. Kemudian bilas kembali hingga bersih. Cara ini juga bisa diaplikasikan pada anak kucing usia di bawah 2 bulan.

Untuk mengobati kutu kucing, mandikan kucing dengan shampo sekali dalam dua minggu. Sedang untuk mencegah kutu datang kembali, mandikan kucing dengan shampo cukup sekali sebulan.

Baca juga: Cara Memandikan Kucing

2. Minyak Tawon atau Minyak Telon
Minyak tawon dan minyak telon ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir kutu pada kucing kesayangan anda. Kedua minyak ini tidak disukai oleh kutu kucing.


Penggunaannya pun sangat praktis, cukup dengan mengusapkan minyak tawon atau minyak telon ke kawasan badan kucing yang banyak ditemui kutu. Misalnya di ketiak kucing dan di punggungnya.

3. Kalung Anti Kutu
Kucing kesayangan berkutu tapi sulit dimandikan? Kalung anti kutu bisa jadi solusinya. Kalung ini memiliki aroma obat yang dibenci oleh kutu kucing.


Dengan menggunakannya, kutu kucing yang tak tahan dengan aromanya akan pergi dari kucing Anda. Caranya hanya dengan mengalungkan kalung ini di leher kucing menyerupai kalung kucing pada umumnya. Penggunaannya sekitar 1 bulan lebih.

4. Obat Tetes Pembasmi Kutu
Alternatif lain yang juga cukup ampuh mengusir kutu dari kucing kesayangan anda yakni dengan menggunakan obat tetes pembasmi kutu. Aroma obat ini juga tidak disenangi oleh kutu-kutu kucing.


Obat ini bisa didapatkan di petshop. Cara aplikasinya, cukup dengan meneteskan obat ini di area badan kucing yang tak dapat dijilatinya, yakni di kawasan leher kucing.

Berikan obat setiap sekali sebulan. Namun sebelum menggunakan obat tetes ini, sebaiknya bacalah terlebih dulu brosurnya, sebab obat ini tidak dianjurkan pada anak kucing usia 2 bulan ke bawah.

5. Spray Anti Kutu
Alternatif praktis lain yang bisa dilakukan yakni menyemprotkan spray anti kutu. Namun yang perlu diperhatikan, ketika menyemprot, jangan hingga badan kucing lembap terkena isi spray. Cukup disemprot sekadarnya saja.


Selain itu, kawasan mata, hidung, dan lisan kucing juga jangan hingga terkena. Sebaiknya bacalah dengan seksama aturan pakainya, sebab obat spray ini cukup keras.

6. Suntik Ivermectin
Suntik Ivermectin bermanfaat untuk membasmi kutu dan cacing dewasa. Sayangnya, suntik ini tidak bisa merontokkan telur-telur kucing.

Karena cukup bersiko, suntik Ivermectin harus dilakukan oleh dokter hewan. Untuk mengatasi kutu kucing, suntikan dapat diberikan 3 kali dalam 3 hingga 4 minggu.

Itulah 6 cara membasmi kutu dari kucing peliharaan Anda. Selamat mencoba, Catlovers! Simak ulasan wacana Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan Aman Sejahtera.

Baca juga:

Inilah 6 Cara Menghilangkan Kutu Kucing dengan Cepat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonymous