Monday, June 19, 2017

Wow! Inilah 10 Gambar Ikan Paus Terbesar di Dunia

Gambar Ikan Paus Terbesar di Dunia - Di dunia yang luas ini, tentu banyak sekali makhluk hidup ada dan hidup di sekitar kita. Bukan hanya insan yang beragam ras dan suku, namun tumbuhan dan hewan pun memiliki klasifikasinya dengan banyak sekali jenis. Yup! Kali ini, akan di bahas dan di ulas secara lengkap apa saja sih jenis-jenis dan lainnya.

Seperti sebelumnya, telah di bahas lagi dan lagi hewan-hewan yang ada di dunia ini. Masih seputar wacana Ikan, namun kali ini yang di ulas dan di garap habis ialah hewan besar satu ini. Paus! Pernah melihat hewan ini, kan? Entah itu melalui televisi atau secara langsung. Well, hewan yang menelan Nabi kita ini rupanya memiliki penjabaran yang unik-unik. Lalu, apa saja sih jenisnya dan bagaimana ukurannya? Simak baik-baik, yaa, Reader's …

Berikut Jenis-Jenis Ikan Paus lengkap beserta ukuran dan gambar yang telah di rangkum sedemikian rupa di banyak sekali sumber:

1. Jenis Paus Baleen (Balin)



Pernah melihat hewan mamalia yang satu ini? Yup! Paus yang satu ini lebih besar dari pada paus bergigi. Paus ini juga memiliki struktur yang di kenal sebagai Baleen dalam bentuk sikat yang di mana sangat berkhasiat untuk menyaring plankton atau makanan di dalam air, serta memiliki 2 lubang napas atau angin. Sedangkan, jika Paus yang bergigi, hanya memiliki satu.
Baca juga: Buaya Terbesar di Dunia
Tahukah, Reader's, jenis paus ini bukanlah perenamg handal yang cepat. Hal ini kerana mereka tidak memiliki sirip belakang. Bahkan, jika memang di miliki, ukurannya begitu kecil.

2. Paus Biru ( Blue Whale)


Via BigAnimals.com

Jenis Paus ini ialah yang terbesar, sehingga juga menjadi hewan terbesar yang ada di muka bumi kerana merupakan mamalia laut yang terbesar di dunia. Panjangnya bisa mencapai 100 kaki atau sekitar 30,5 meter dengan berat badan 100 hingga 150 ton. Blue whele memiliki sirip kecil di belakang dan menurun ketiga-perempat pumggungnya.
Baca juga: Jenis Ikan Hias yang Mudah di Pelihara
Warna kulitnya cukup unik, kombinasi biru-kelabu dengan bintik-bintik di atasnya. Siapa yang menyangka, pewarnaan tubuhnya itu sangat bermanfaat untuk penelitian yang di lakukan para ahli.

3. Paus Kepala Busur Atau Bungkuk (Bowhead Whale)



Secara Ilmiah, jenis ini di kenal sebagai balaenamysticetus. Di namakan kepala busur kerana rahamg tingg dan melengkung hingga nampak ibarat cacat. Sayangnya, salah satu populasi mamalia laut besar ini terus menurun yang tentu saja tanggapan eksploitasi laut yang tidak bijaksana.
Paus hitam ini hidup di tempat cuek di Artic. Oleh kerana itu, mereka memilki kulit khusus dengan lemak tebal mencapai 45 cm. Namun, tetap saja  lemak ini berkhasiat untuk membuatnya tetap hangat dan melindungi dari pengaruh suhu cuek yang sangat rendah.

4. Paus Sirip (Fin Whale)


Via LifeGate.com

Razorback! Yup! Inilah nama lain yang sering di sematkan pada Fin Whale dan.merupakan jenis Paus terbesar kedua. Bentuknya yang simetris dengan panjang mencapai 65 kaki atau 25 meter ini juga memiliki berat dengan bobot sekitar 23 ton. Salah satu teladan yang menarik yang ada di tubuhnya afalah berada di bab sirip belakang. Ekor Ikan ini begitu lebar dengan corak khusus di tengah-tengah.

5. Paus Abu-Abu ( Grey Whale)


Via OnTheRoadIn.com

Nah, Paus yang sering di anggap pintar menyelam dengan kecepatan tinggi, inilah  Grey Whele! Bahkan ilmuan mengklaim bahwa tindakan cepat dalam menyelam ini, kerana harus menyingkirkan benalu yang kesal kepadanya, ada-ada saja. Namun, dalam kelompok kecilnya, kita hanya bisa melihat Paus ini dan juga dapat menemukannya di kelompok yang lebih besar. Dan ini berarti, jenis Grey Whele tidak hanya menghabiskan waktu di satu kelompok saja serta memiliki jambang akrab ekspresi untuk mendeteksi lingkungan di sekitarnya. Paus ini juga memiliki berat sekitar 36 ton dan panjang dapat mencapai 50 kaki atau 15 meter.

6. Paus Sikat (Right Whale)


Via animals.nationalgeographic.com

Nah, pernah melihat Paus dengan ciri khas kapalan atau ibarat panu yang berada di tempat kepala? Yup! Paus ini yang memiliki ciri itu. Dengan lubang napas unik yamg ibarat karakter V serta warnanya hitam dan juga abu-abu tua. Baleen yang memiliki badan tipis ini dan berjumlah sekitar 400 di Atlantik Utara dan 25 di Pasifik Utara serta 15.000 di tempat selatan, jangan salah loh. Bobotnya hingga 100 ton dengan panjang mrncapai 100 kaki atau 18 meter.

7. Paus Beluga (Beluga Whale)


Via animals.nationalgeographic.com

Apa yang ada dalam pikiran Reader's jika melihat gambar ini? Jangan hingga salah, yaa.  Ini bukan Ikan Lumba-lumba atau Dolphin, loh. Memang, kepalanya yang bundar dan dahinya yang besar bukan berarti ikan ini Dolphin. Mulutnya tidak panjang, kok. Tidak panjang ibarat dolphin. Yup! Meski memang ukurannya yag sangat kecil untuk ukuran Ikan Paus dan tinggal di tempat perairan Es di Arktik dan Sub Arktik, tapi tetap saja, ini Paus Beluga! Penampilannya yang unik memang dapat mudah di kenali dengan kulit yang benar-benar putih serta sirip belakang yang minim.
Baca juga Kumpulan Kata kata Bijak
Namun, badan ibarat ini berfungsi untuk menfasilitasi navigasu mereka di tempat perairan es. Bahkan, dengan lapisan lemaj setebal 5 inci ini juga berkhasiat sebagai pembiasaan terhadap habitat yang dingin. Untuk makan pun, mereka menerima di dasar laut yang harus menyelam 1000 kaki atau sekitar 305 meter di kedalaman laut. Dengan populasi sekitar ratusan ribu ekor, Paus yang cukup lucu  ini memang bisa bertahan dengan suhu ibarat itu.

8. Paus Narwhal (Narwhal Whale)


Via worldwildlife.org

Di Norwegia kata Narwhal memiliki arti Mayat Paus. Namanya di nobatkan kerana warna Paus ini ke-abu-abu-kebiruan dengan bintik-bintik putih. Sedangkan Paus muda, memiliki warna ke cokelatan yang lain. Ukuran tubuhnya juga  berada di pertengahan. Uniknya, Paus ini memiliki semacam gading panjang dan lurus di area rahang yang berkhasiat untuk menarik perhatian sang betina.

9. Paus Pilot (Pilot Whale)


Via whaleopedia.org

Ini bukan Paus yang mengendarai Pesawat atau berprofesi Pilot, yaa. Tidak, tidak!  Ini hanyalah Paus, benar-benar real dengan spesies ibarat ini! Entah mengapa di namakan ibarat itu, namun bisa di katakan, Paus ini menempati wilayah perairan yang buas di seluruh dunia. Ingat, yaa, Perairan, bukan mengudara! Hehehe.
Lihat juga: Ular Terbesar di Dunia
Ada dua spesies inu yag cukup sulit membedakan jika melihat keduanya. Spesies dengan sirip panjang berjulukan G Melas, sedangkan yang lain dengan sirip pendek di namakan g macrornynchus. Namun, yang paling mencolok pada perbedaannya ialah tempurung kepala.

10. Paus Pembunuh (Orca Whale)


Via us.whales.org

Paus Free Willy yang biasa di sebut juga dengan Orca atau Paus Pembunuh atau Orcinus Orca ini juga merupakan Paus bergigi demgan anggota terbesar dari keluarga Lumba-lumba. Dengan panjang tubuhnya yang bundar dan sirip besar di tengah-tengah punggung. Tubuh hitam yang di miliki di tandai dengan bercak putih di bab bawah dan akrab mata. Hewan ini juga merupakan hewan yanh sangat bersosialisasi yang bepergian dalam kelompok, yang biasa tiap perkelompok terdiri daru 5 hingga 30 Paus. Meski beberapa kelompok yang berganinh dapat membentuk 100 ekor atau lebih dalam perkelompok.
Baca juga ulasan Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan
Orca membangun Hierarki sosial yang di mana kelompok itu di pimpin oleh sang betina. Hewan yang di duga memiliki bentuk kompleks komunikasi dengan dialek berbeda ini (bahasa yang sedikit berbeda) dari satu pod (kelompok ke kelompok) yang lain.

Wow! Inilah 10 Gambar Ikan Paus Terbesar di Dunia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonymous