Thursday, August 3, 2017

2 Cara Khusus Merangsang Penglihatan Bayi Baru Lahir semoga fokus dan tidak Juling

Gambar ini merupakan gambar bayi yang sedang melihat sesuatu
Gambar : pixabay
Anda mungkin kerap kali menemukan penglihatan anak yang kemana-mana, tidak tentu arah, bahkan tak jarang sebagian orang bilang mata bayi anda mampu juling jikalau tidak di ajarkan untuk tetap fokus atau mungkin lagi melihat jin.

Persepsi ini tidak sepenuhnya benar,

Kenyataannya, bayi  baru lahir sampai beberapa bulan kedepan belum mampu memfokuskan penglihatannya pada satu titik. Karena bayi harus mengikuti keadaan dengan alam gres nya. Baik itu perbedaan gelap dan terang, suara-suara, benda-benda disekitarnya, maupun orang bau tanah nya.

Penglihatan bayi pada masa ini hanya berjarak sekitar 20-30 cm, itupun hanya berbentuk bayangan dengan arsiran layaknya anda menggambar insan dengan bentuk garis-garis rangka saja.

Namun, walaupun begitu anda tetap memiliki peran penting yang harus dilaksanakan yaitu :

》Memberikan stimulasi pada penglihatannya supaya dapat berkembang sebagaimana mestinya.

Adapun cara-cara yang dapat anda terapkan dalam menstimulasinya ialah sebagai berikut :

a. Perlihatkan mainan berwarna terperinci dan mencolok

Walaupun bayi gres lahir penglihatannya masih buram, namun seiring waktu ia akan mengenali dan berguru memahami warna dan bentuk sepenuhnya. Untuk itu perlu pengenalan warna sedari awal sebagai stimulant penglihatannya, juga untuk mengajarkan bayi cara memfokuskan mata nya pada satu objek, baik objek yang diam, objek yang bergerak ke kanan dan ke kiri, atau objek yang berputar.

b. Dekatkan diri anda dengan menggendongnya, mengajaknya bercanda atau bicara.

Dengan ini, bayi akan berguru mengenali diri anda sebagai orang terdekatnya dan mengakibatkan ikatan jiwa baik antara ibu dan anak atau ayah dan anak. Ditambah lagi acara ini dapat membangun ketenangan jiwa dan rasa aman bagi diri bayi.

Oleh alasannya itu, sering kali kita lihat seorang bayi akan merasa damai berada dalam pangkuan ayah dan ibu nya, karena sosok-sosok itulah yang sering kali bersama nya dan yang sering kali ia lihat. Berbanding terbalik dengan orang yang jarang bayi lihat, sebagian besar bayi akan menangis sebagai gambaran bahwa bayi belum terbiasa melihat nya dan bersama dengannya.

Semoga bermanfaat

2 Cara Khusus Merangsang Penglihatan Bayi Baru Lahir semoga fokus dan tidak Juling Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Anonymous